Pemerintah Kabupaten Sragen

Kemendagri Lakukan Validasi Lapangan Dua Inovasi Unggulan Kabupaten Sragen

2 Desember 2022
SRAGEN – Dalam rangka penilaian Innovative Government Award (IGA) Kemendagri, Tim Validasi Lapangan melakukan kunjungan ke Kabupaten Sragen. Kunjungan tersebut dilakukan untuk melakukan pembuktian inovasi yang telah dipaparkan Bupati Sragen yang telah dilakukan pada Senin (21/11/2022). Dua inovasi yang divalidasi adalah Pasar Bahulak sebagai Inovasi Non-Digital dan Robot Virtual Penagihan Pajak Berbasis Artificial Intelligence. Tim Validasi terdiri dari Tim Kemendagri dan dari Akademisi UGM, yakni Arzad Sectio, Nova Setianingsih, Nurhadi Susanto, Yuyun Purbokusumo, dan Nurhadi.
 
Tim Validasi Lapangan melakukan kunjungan pertama ke Pasar Bahulak dan disambut langsung oleh Bupati. Tim berkeliling lapak-lapak penjual didampingi oleh Kepala Desa Karungan. Setelah berkeliling, tim langsung menuju pendopo Pasar Bahulak untuk mendengar paparan dari Kepala Desa Karungan dan melakukan validasi dokumen Pasar Bahulak. Dalam paparannya, Kepala Desa Karungan menjelaskan bahwa Desa Karungan membuat sesuatu yang berbeda berupa pasar dengan memasarkan jajanan dan menyajikan mainan tempo dulu. Warga mengajak pengunjung bernostalgia dengan menghadirkan nuansa tempo dulu. Oleh karenanya dinamakan Pasar Bahulak.
 
Kemudian tim beranjak dari Pasar Bahulak menuju Ruang Oproom Komplek Setda Sragen untuk melakukan validasi inovasi kedua yaitu Robot Virtual Penagihan Pajak Berbasis Artificial Intelligence. Pemaparan inovasi tersebut dilakukan langsung oleh Kepala BPKPD selaku penanggung jawab inovasi Robot Virtual Penagihan Pajak Berbasis Artificial Intelligence. Dihadirkan juga para stakeholder inovasi tersebut yaitu Diskominfo, Bank Jateng dan Wajib Pajak.
 
Robot Virtual Penagihan Pajak Berbasis Artificial Intelligence merupakan engine software cerdas yang bisa melakukan prosedur penagihan pajak daerah layaknya manusia dan mampu membaca data yang terintegrasi dengan database pajak daerah dengan Bank Jateng.
Batas Waktu Krenova
00
HARI
00
JAM
00
MENIT
00
DETIK