Pemerintah Kabupaten Sragen

Dua Temuan Inovasi dari Kabupaten Sragen Raih Juara Umum dan Juara Harapan Lomba Krenova Tingkat Provinsi Jawa Tengah

24 November 2022
PURWOREJO - Inovasi pertama yang memenangkan Lomba Krenova Tingkat Provinsi Pasta kapur batik (Pak Purba) alternatif pengganti malam batik tulis yang ditemukan oleh Dwis Apga Kartiyanto terpilih sebagai juara utama Lomba Kreativitas dan Inovasi Masyarakat (Krenova) 2022 tingkat Provinsi Jawa Tengah. Sedangkan inovasi kedua yaitu Duwang Aswad Sirup hasil teknologi food hybrid yang ditemukan oleh Muhammad Farkhan Albuni dan Nita Nur Ngaini meraih Juara Harapan.

Dalam ajang Lomba Krenova Provinsi Jateng 2022, Kabupaten Sragen mengirimkan lima inventor yang terdiri atas Wedang Jepang (Jeruk Nipis dan Telang); Jamur Crispy dengan teknologi hybrid; Nitrobacter; Nori Sawi (Nisa); dan Pak Purba. Kemudian dari jalur penjaringan inovasi masyarakat, kami mengirimkan dua inventor, yakni Duwang Aswad Syrup hasil teknologi food hybrid dan Sag Nature (sitokinin, auksin, giberelin alami).
Inovasi Pak Purba berawal dari penggunaan malam pada proses membatik sudah biasa digunakan sejak dulu dengan teknik pemanasan malam. Teknik tersebut dinilai berisiko karena cairan panas malam yang terkena tangan. Atas dasar itulah, inventor mencari teknik yang berbeda hingga menemukan pasta kapur sebagai pengganti malam untuk mengurangi risiko-risiko itu.

Pembuatan pasta kapur mudah dan dengan harga terjangkau. Teknik penggunaannya pun mudah dan praktik tanpa harus memanaskan sehingga tidak berisiko. Proses pencucian batik pun cukup menggunakan air biasa, tanpa direbus.

Sementara Duwang Aswad atau madu bawang hitam merupakan selai berbahan dasar madu murni dan bawang hitam yang difermentasi dan menghasilan selei dengan cita rasa baru, yakni manis, asam legit, enak di mulut dan di perut. Manfaat bawang hitam baik untuk kesehatan karena kandungan antioksidan lebih tinggi daripada bawang putih mentah.
Batas Waktu Krenova
00
HARI
00
JAM
00
MENIT
00
DETIK