Pemerintah Kabupaten Sragen

Bupati Sragen Paparkan Inovasi Unggulan Sragen pada Penilaian Innovative Government Award Kemendagri

22 November 2022
SRAGEN – Pada pelaporan Inovasi Daerah untuk Kemendagri, Kabupaten Sragen masuk peringkat 12 besar tingkat nasional kategori kabupaten dan menjadi nominator penerima Innovative Government Award Kemendagri Tahun 2022. Sehingga Kemendagri melaksanakan paparan kepala daerah untuk menjaring daerah yang akan menerima Pengaungerahan Indeks Inovasi Daerah/Innovative Government Award Tahun 2022 pada Senin (21/11/2022).

Bupati mengawali presentasi dengan menyajikan informasi gambaran umum tentang Sragen, seperti luas wilayah, pertumbuhan penduduk, indeks pembangunan manusia (IPM), jumlah PNS sampai pertumbuhan ekonomi di Sragen. Secara umum, Bupati menjelaskan inovasi yang dimiliki Sragen, yakni 278 inovasi yang terbagi atas empat kategori inovasi. Keempat kategori itu terdiri atas inovasi tata kelola pemerintahan 68 unit, inovasi pelayanan publik 117 unit, inovasi masyarakat 55 unit, dan inovasi pelayanan lainnya 38 unit.

Inovasi Unggulan Kabupaten Sragen yang dipaparkan yaitu Robot Virtual Penagih Pajak Berbasis Artificial Intelligence dan Pasar Bahulak. Kedua inovasi ini merupakan penyumbang PAD dan mampu menggerakkan roda perekonomian masayarakat Kabupaten Sragen.

Robot virtual penagih pajak merupakan engine software cerdas yang bisa melakukan prosedur penagihan pajak daerah layaknya manusia dan mampu membaca data yang terintegrasi dengan database pajak daerah dengan Bank Jateng.

Sedangkan, Pasar Bahulak merupakan pasar gotong-royong untuk pemberdayaan potensi lokal yang menjajakan produk kuliner tempo dulu sehingga ada penanaman nilai-nilai Pancasila dalam membangkitkan sektor ekonomi desa.
Batas Waktu Krenova
00
HARI
00
JAM
00
MENIT
00
DETIK