Pemerintah Kabupaten Sragen

Bapperida Kabupaten Sragen Gelar Sosialisasi dan Bimtek Innovative Government Award 2023

7 Juni 2023
 
SRAGEN – Pelaporan dan Penilaian Indeks Inovasi Daerah (Innovative Government Award) Kemendagri Tahun 2023 telah berjalan. Inovasi yang dimiliki Pemerintah Daerah akan dilaporkan kepada Kemendagri. Pemerintah Kabupaten Sragen melalui Bapperida melaksanakan kegiatan Sosialisasi dan Bimtek Innovative Government Award 2023. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa (6/6/2023) dengan mengundang seluruh perangkat daerah, BUMD dan Desa di Kabupaten Sragen.
 
Bupati Sragen dalam paparannya menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Sragen berkomitmen untuk melakukan pengembangan dan penguatan inovasi daerah Kabupaten Sragen. Seluruh OPD/Institusi/Lembaga/Desa diharapkan selalu melahirkan ide dan gagasan berupa inisiatif baru dan inovasi yang dapat memberikan solusi dari permasalahan yang dihadapi. Bupati juga menyampaikan kepada setiap OPD/Institusi/Lembaga/Desa untuk melahirkan satu tahun satu inovasi.
 
Narasumber yang dihadirkan adalah Kepala Pusat Strategi Kebijakan Pengembangan SDM, Teknologi Informasi dan Inovasi Pemerintahan Dalam Negeri, Bp. Drs. Aferi S. Fudail, M.Si dan Fungsional Analis Kebijakan Ahli Muda, Bp. Arzad Sectio, S.IP., MPA. Dalam paparannya, Bp. Arzad Sectio, S.IP., MPA. menyampaikan salah satu hal terpenting dalam pelaporan inovasi yaitu narasi rancang bangun inovasi. Hal yang perlu diperhatikan adalah (1) Dasar Hukum Inovasi dapat diambil dari Undang-undang/Peraturan Pemerintah/Permendagri/NSPK K/L, Perda/Pergub/Perwali/Perbup, SK/Instruksi KDH, dll. (2) Permasalahan yang dapat diambil dari permasalahan makro atau mikro. (3) Isu Strategis dapat diambil dari Isu global, isu nasional atau isu lokal. (4) Metode Pembaharuan dapat diisi dengan kondisi sebelum adanya inovasi dan kondisi setelah adanya inovasi. (5) Keunggulan dan Kebaharuan dapat diisi dengan uraian kebaharuan rancang bangun dan menyebutkan pengembangannya apabila berupa update dan upgrade. (6) Tahapan Inovasi dapat diisi dengan menjelaskan secara singkat tata cara penggunaan aplikasi atau menguraikan tata laksana penciptaan atau pemanfaatan produk.
 
Semoga dengan pelaporan inovasi ke Kemendagri, Kabupaten Sragen dapat meningkatkan prestasinya melebihi pada Tahun 2022 yang berada pada peringkat 5 Nasional Kategori Kabupaten.
Batas Waktu Krenova
00
HARI
00
JAM
00
MENIT
00
DETIK