Terdapat 5 unsur dalam model pembelajaran yaitu sintaks, prinsip aksi reaksi, sistem sosial, dampak instruksional dan sistem pendukung. Apabila menguasai beberapa model pembelajaran, maka seorang guru akan merasakan adanya kemudahan dalam pelaksanaan proses pembelajaran di kelas, sehingga tujuan pembelajaran yang hendak dicapai dalam proses pembelajaran dapat tercapai dan tuntas sesuai yang diharapkan.
Model pembelajaran berbasi projek merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru pada saat proses belajar dan pembelajaran. Akan tetapi, berdasarkan analisis studi literatur bahwa model pembelajaran berbasis projek belum sepenuhnya sesuai dengan karakteristik yang dimiliki oleh peserta didik dan tuntutan penilaian yang terdapat pada kurikulum 2013.
Pengembangan model pembelajaran berbasis projek yang dilakukan oleh peneliti ditinjau dari unsur sintaks model pembelajaran. Tujuan pengembangan sintaks model pembelajaran berbasis projek adalah untuk menciptakan kondisi belajar dan pembelajaran yang memungkinkan peserta didik dapat belajar secara aktif, komunikatif dan menyenangkan, sehingga peserta didik dapat meraih prestasi yang maksimal dengan meningkatkan kemampuanranah pengetahuan, sikap, dan keterampilan dalam proses pembelajaran.
Dalam prmasalahan ini, banyak sampah yan masih dapat digukan sebagai bahan alternatif tetapi malah dibuang begitu saja. Untuk membentuk pola pikir yang lebih kreatif dari siswa maka kami melakukan penetian dan penerapan pembelajaran praktek Keberlangsungan Kehidupan dan Teknologi Ramah Lingkungan sebagai perangsang inovasi anak yang lebih baik, bahwa setiap barang itu masih mempunyai kegunaan apabila dimanfaatkan secara baik dan benar.
Di wilayah Kecamatan Kalijambe sangat banyak dijumpai sampah daun jati dan masyarakat Kecamatan Kalijambe banyak yang menjadi pengrajin meubel, oleh karena itu untuk memanfaatkan hal tersebut kami manfaatkan sebagai bahan pembuatan briket ramah lingkungan sebagai naham bakar alternatif sebagai pembelajar siswa-siswi kami.