Pemerintah Kabupaten Sragen

Bappeda Litbang Gelar Hilirisasi Riset Kompor Briket Elektrik dan Pelatihan Pembuatan Briket Tahun 2022

25 Maret 2022
SRAGEN - Dalam rangka mendukung Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kabupaten Sragen, Bappeda Litbang menyelenggarakan kegiatan Hilirisasi Riset dengan tema Kompor Briket Elektrik dan Pelatihan Pembuatan Briket. Kegiatan ini diadakan di Ruang OpRoom Komplek Setda pada hari Kamis 24/03/2022 dengan narasumber Bp. Suseno sebagai inventor kompor briket dari Klaten. Sebagai pembuka acara, Plt. Kepala Bappeda Litbang Dwiyanto, S.STP, M.Si menyampaikan bahwa ilmu yang disampaikan oleh narasumber nanti menjadi tambahan pengetahuan dan semua peserta akan mendapatkan kompor briket elektrik sebagai modal untuk pengembangan usaha para peserta.

Beliau juga menyampaikan bahwa hasil riset dan inovasi tersebut layak dimanfaatkan dan bisa ditularkan kepada para pelaku UMKM di Sragen. Beliau juga berharap para pelaku UMKM setelah pulang dari pelatihan bisa langsung praktik pembuatan briket dan bisa digunakan untuk mendukung usahanya.

Peserta kegiatan ini merupakan rekomendasi dari Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Peridustrian dan Perdagangan (Dinkop UKM Perindag) Sragen, Dinas Transmigrasi, dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sragen.

Bp. Suseno menjelaskan semua orang membutuhkan energi. Briket menjadi sumber energi terbarukan yang bisa menggantikan energi elpiji. Briket tidak berbau dan tidak menimbulkan racun, tetapi justru menyerap racun. Beliau menjelaskan bahwa Briket bagus untuk bahan bakar memasak dan akan menghasilkan cita rasa masakanan yang berbeda, tentunya lebih lezat. Di Klaten banyak angkringan yang menggunakan briket sebagai bahan bakar memasak. Bahkan dengan temuan kompor briket elektrik, maka briket bisa digunakan di meja makan karena tidak khawatir meledak dan tidak menimbulkan polusi.
Batas Waktu Krenova
00
HARI
00
JAM
00
MENIT
00
DETIK